Items where Subject is "FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia"

Up a level
Export as [feed] Atom [feed] RSS 1.0 [feed] RSS 2.0
Group by: Creators | Item Type
Jump to: A | B | D | E | F | H | I | J | K | L | M | N | O | P | R | S | T | W | Y | Z
Number of items at this level: 148.

A

A. Rahim, Muh. Ichsan (2017) Analisis Penggunaan Tanda Baca Dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. S1 thesis, FBS.

A.Muh. Asdar, A.Muh. Asdar (2017) Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. S1 thesis, FBS.

ADI SAPUTRA, WONGSO (2015) Translanguaging in Indonesian University Classroom Context: A Discourse Analysis at One University in South Sulawesi. S1 thesis, unm.

AINUNG, DIAN NUR (2016) Keefektifan Penggunaan Media Film dalam Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

AKBAR, BASO (2014) Analisis Struktur dan Tekstur Drama Kenduri Karya Rahman Arge Sebuah Tinjauan Struktur George R. Kernodle. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

AMELIA, FITRIA (2016) Kemampuan Membedakan Makna Denotasi dan Konotasi dalam Wacana Narasi Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ANDI, MUHAMMAD MULTAZAM (2015) “KONTRASEPSI PRIA – Studi Perilaku Sosial Terhadap Penerimaan Metode Vasektomi Pada Akseptor KB Pria di Kota Makassar”. S3 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ANDRIANI, ANDRIANI (2014) “Efektivitias Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ARI, MUHAMMAD (2015) Perbandingan Keefektifan Metode Preview- Question- Read- Summarize- Test (PQRST) dan Survey- Question- Read- Recite/Recall- Review (SQ3R) dalam Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ASIRIH, FITRIANI (2014) “Tujuan Pengungkapan Erotika Secara Terbuka dalam Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan Kelaminmu) Karya Djenar Maesa Ayu (Berdasarkan Teori Seksualitas Michel Foucault. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Abdi Abi, Ahmad (2017) Keterampilan Menulis Teks Percakapan Dalam Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallanga Kabupaten Dowa. S1 thesis, FBS.

Amelia, Resky (2016) Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

Amir, Fachrul (2016) Analisis Kesalahan Penggunaan Diksi dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Andi Aras, Mukramin (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Model Kooperatif tipe Group Investigation(GI) pada Siswa Kelas VII.1 Semester II SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Andriani E, Andriani E (2016) “Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. S1 thesis, universitas negeri makassar.

Arfiana, Arfiana (2017) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Total Physical Respon(TPR) dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, FBS.

Arifin, Arifin (2014) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Arifin, Randi (2015) Perbandingan antara Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polman. S1 thesis, unm.

Arigi, Muh. Afghan (2016) Analisis Pemikiran Tokoh Utama dalam Novel Napas Mayat karya Bagus Dwi Hananto: Suatu Tinjauan Dekonstruksi Jacques Derrida. S1 thesis, FBS.

Aris, Ermi Astriana (2016) Kemampuan Membaca Huruf Lontaraq Siswa Kelas III SDN 51 Tanetelangi Kabupaten Maros. S1 thesis, FBS.

Arisal, Arisal (2016) Makna ungkapan dan simbol dalam prosesi ritual maccéraq Arajang pada masyarakat Bugis Soppeng Sulawesi Selatan. S1 thesis, universitas negeri makassar.

Astuti, Rehesky Puji (2016) Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Menulis Wacana Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cendana Kabupaten Enrekang. S1 thesis, universitas negeri makassar.

Awaliah, Andi Ulfa (2015) Makna Ungkapan dalam Adat Pernikahan Masyarakat Bugis di Kabupaten Wajo Berdasarkan Tinjauan Semantik”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ayu, Mutiara (2016) Kemampuan Menulis Puisi dalam Bahasa Bugis Menggunakan Media Audio-visual pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. S2 thesis, universitas negeri makassar.

Azis, Abdul and Hajrah, Hajrah (2015) DONGENG SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan. pp. 19-31. ISSN 24601322

B

BAHARUDDIN, AYUNDARI (2016) Keefektifan hypnoteaching dalam menullis pusis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

BURHANUDDIN, NURLINAH (2104) Hubungan Gaya Belajar Auditorial Siswa dengan Prestasi Belajar pada Pembelajaran. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Bismar, Muhammad (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA LAGU “BERITA KEPADA KAWAN” KARYA EBIET G ADE DALAM MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 36 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Bunda, Mentari Muliati (2016) Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Bunga Susilawati, Ariani (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Show Not Tell terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. S1 thesis, FBS.

D

DARMAWATI, DARMAWATI (2013) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match Siswa SD Negeri 1 Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Dasrawati, Tenri (2014) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Dewiyanti, Naim (2017) “Analisis Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah VII Makassar. S1 thesis, FBS.

E

EPA, PUSPITA (2017) Pengaruh Pemanfaatan Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. S1 thesis, FBS.

F

FAJAR, ARWIN (2016) Problematika Pembelajaran Bahasa Makassar di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

FITRIANI, FITRIANI (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievment Divisions (STAD). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Firdaus, Nurjannah (2016) Keterampilan Menulis Puisi Bebas dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

H

HAJRAWATI, HAJRAWATI (2017) Aspek Sosial Dalam Naskah Drama Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana (Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt). S1 thesis, FBS.

HAJRAWATI, HAJRAWATI (2015) PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA BATARA GOWA SUNGGUMINASA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

HANDAYANI, RENI (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Schramble Dalam Penulisan Wacana Argumentasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, universitas negeri makassar.

HASBIAH, HASBIAH (2017) Kejiwaan Tokoh dalam Kumpulan Cerpen Kukila: Tinjauan Psikologi Sastra Sigmund Freud. S1 thesis, FBS.

HERMAWATI, NENI (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Haerul, Haerul (2014) Keefektifan Model Debat dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Halik, Andi Nurmiyanti (2014) Peningkatan Kemampuan Memahami Informasi Lisan Menggunakan Model Pemebelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Hamriani, Hamriani (2016) Keefektifan Media Kartu Huruf dalam Menulis Aksara Lontara’ Makassar pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Hariati, Hariati (2017) Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, FBS.

Humaira, Ira (2013) Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

I

IRWANSA,, A. (2015) Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Makasaar. S1 thesis, unm.

Insana, Nurul (2016) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS UNM (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Iqbal, Chandra (2014) Keefektifan Pembelajaran Berbicara Melalui Metode Cooperative Script dalam Menjelaskan Hasil Wawancara Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Irnawati, Irnawati (2016) Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia. S1 thesis, universitas negeri makassar.

J

JUFRI, JUFRI (2009) Analisis wacana Budaya. Penerbit UNM, Makassar. ISBN 9786028111416

JUFRI, JUFRI (2007) Metode Penelitian Bahasa, Sastra dan Budaya. Penerbit UNM, Makassar.

Prof. Dr.Jufri, M.Pd. (2017) REPRESENTASI IDEOLOGI KULTURAL WACANA LONTARA LA GALIGO DALAM ASPEK METAFORA DAN JENIS KATA. EC00201700300.

Prof. Dr. Jufri, M.Pd. (2017) REPRESENTASI IDEOLOGI KULTURAL WACANA LONTARA LA GALIGO DALAM ASPEK PILIHAN KALIMAT. EC00201700302.

Prof. Dr. Jufri, M.Pd. (2017) STRUKTUR MAKRO DALAM WACANA LONTARA LA GALIGO. EC00201700299.

Prof. Dr. Jufri, M.Pd. (2017) STRUKTUR SUPER DALAM WACANA LONTARA LA GALIGO. EC00201700301.

JUFRI, JUFRI (2017) Strategi Pembelajaran Bahasa. Penerbit UNM.

JUFRI, JUFRI and Tolla, Achmad (2015) STRUKTUR MAKNA SIMBOLIK DALAM FENOMENA PASCA REFORMASI: KAJIAN WACANA KRITIS. Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan. pp. 1089-1097. ISSN ISSN:24601322

JUMAEDA, JUMAEDA (2016) Kemampuan Menerjemahkan Kelong Makassar Ke Dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Jufri, A. R. Fachrizal (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Dongeng Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 27 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Jufri, Jufri (2006) Struktur Wacana dalam Lontara La Galigo. S3 thesis, Universitas Negeri Malang.

K

KARIM, KARIM (2041) Pertentangan dan Perlawanan Kelas dalam Novel Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer Sudut Pandang Realisme Sosialis Karl Marx. S1 thesis, UNM.

KARIM, NURHAEDAH (2015) Pertentangan dan Perlawanan Kelas dalam Novel Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer Sudut Pandang Realisme Sosialis Karl Marx. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Khair, Miftahul (2013) Perbandingan Kemampuan Menyimak Cerpen melalui Media Rekaman antara Siswa Kelas XI IPA dan XI IPS SMAN 9 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

L

Lettie, Lettie (2016) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan pada Surat Dinas Kantor SMP Negeri 2 Buntumalangka Kabupaten Mamasa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Lilis Kartika, Damayanti (2017) Analisis Perubahan Fonem Bahasa Indonesia pada Penutur Bahasa Makassar Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Angkatan 2012 Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, FBS.

Lukman, Lukman (2014) Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

M

MASHITA, DWI (2014) Gambaran Sosial Masyarakat Makassar dalam Novel Gadis Portugis karya Mappajarungi Manan (Pendekatan Sosiologi Sastra). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

MEWAR, MUH. FADHIL (2016) “Alih Kode dan Campur Kode Siaran “Seputar Makassar dan Sekitarnya (SMS)” Radio Gamasi 105.9 FM: Kajian Sosiolinguistik. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Maksum, Khairun Nisa (2016) KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI. S1 thesis, FBS.

Muhammad, Ramli (2014) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Muhriani, Dina (2017) PENGGUNAAN METAFORA DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A.S. LAKSANA: KAJIAN STILISTIKA. S1 thesis, FBS.

Mulyani R, Sri (2016) Penggunaan Maksim dalam Interaksi Guru dengan Siswa pada Pembelajaran di Kelas VII.3 SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Muslimah, Muslimah (2017) Keefektifan Model Imajinasi (Imagine) dalam pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. S1 thesis, FBS.

Mustika, Cica (2016) Kesantunan Berbahasa pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

N

NASDIANTI, NASDIANTI (2014) Keefektifan Metode Cooperative Script terhadap Kemampuan Menceritakan Pengalaman Pribadi dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas VII. SMP Negeri 1 Takalar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NOERFADHILAH, NOERFADHILAH (2016) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Makassar”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURAFNI, NURAFNI (2015) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas X.3 SMA Negeri I Segeri Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURBAYA, NURBAYA (2015) Penerapan Strategi Belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURCAYA, NURCAYA (2014) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi berdasarkan Strategi Akrostik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURHALIMAH, RIFKAH (2016) Kemampuan Menulis Kembali Sinopsis Pau-Paunna “I Jayalangkara” Siswa Kelas VIII SMP Askari Pallangga. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURLAELAH, NURLAELAH (2015) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Project BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Proyek) Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nasirah, Nasirah (2014) Analisis Metafor Puisi dalam Kumpulan Sajak Bahaya Laten Malam Pengantin Karya Aslan Abidin (Tinjauan Metafor George Lakoff dan Mark Johnson). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ningsih, Indah Widya (2014) Analisis Struktur Emosi Tokoh Utama pada Novel Supernova Episode Akar Karya Dewi Lestari (Pendekatan Psikologi Sartre. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nirmalasari, Nirmalasari (2014) Analisis Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Warisan Karya Wawan Mattaliu (Tinjauan Stilistika)”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nopianti, Nopianti (2014) Penerapan Portofolio dalam Pembelajaan Menulis Cerpen bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nurdin, Hj. Hardianti (2013) Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita dengan Menggunakan Media Tape Recorder Siswa Kelas VIII-d SMP Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polman. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nurhaedah B, Nurhaedah B (2016) Keterampilan Menulis Teks Pidato dengan menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nurkhuldia, Nurkhuldia (2016) Kemampuan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nursaidah, Nursaidah (2017) Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

O

Oddang, Andi Tenri (2016) Keefektifan Open-Ended Method dalam Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas IX MTs Negeri Lappariaja Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ola Nedin, Martinus (2014) Penerapan model Paired Storytelling untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Nahdiyat Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

P

PURNAMASARI, SORAYA (2015) Efektivitas Penerapan Model Taba dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas IX C2 SMP Negeri 7 Makassar. S1 thesis, unm.

Pancapril Yani, Reski (2017) Analisis Penggunaan Bahasa Layanan Pesan Singkat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas B Angkatan 2012 Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, FBS.

Pasenggong, Bara (2016) KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF BERBASIS MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAMASI KABUPATEN LUWU. S1 thesis, FBS.

Praminto, Wawan (2016) Kemampuan Menulis Wacana Narasi dalam Bahasa Makassar Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VIII SMPN 18 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Pratama, Andysar Rahmat (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Kelas XII IPA1 SMA Negeri 4 Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Pratama, Andysar Rahmat (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Kelas XII IPA1 SMA Negeri 4 Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Pratiwi, Wiwik (2016) EKSISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL TANAH TABU KARYA ANINDITA S. THAYF BERDASARKAN FEMINISME EKSISTENSIALIS SIMONE DE BEAUVOIR. S1 thesis, FBS.

R

R, Mantasiah (2011) PERAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. In: KIMLI 2011, 9-12 Oktober 2011, Bandung.

R, Mantasiah (2013) STRATEGI TUTURAN PERMINTAAN DALAM BAHASA SMS DI KALANGAN MAHASISWA (Suatu Kajian Pragmatik). In: KOLITA 11, 1-2 Mei 2013, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

R, Mantasiah (2015) Speech Variations of Male and Female Students in The German Language Education Program at The State University of Makassar(A Pragmatic Study). Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9 (31). pp. 582-587. ISSN 1991-8178

R. Tobi, Maria Yustina (2017) Kemampuan Menulis Puisi Bebas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar. S1 thesis, FBS.

RAMLI, MUHAMMAD (2015) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RATSARI, ERMA (2014) Analisis Puisi dalam Kumpulan Puisi Tokoh-tokoh yang Melawan Kita dalam Satu Cerita karya M. Aan Mansyur dengan Model Kajian Semiotika Michael Riffaterre. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RAZAK, NUR KHADIJAH (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RAZAK, NUR KHADIJAH (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Rahayu Ningsih, Dwi (2016) Analisis Kesalahan Morfologis dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulukumba Kabupaten Bulukumba”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Rahman, Fitriani (2017) Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar Menulis Rupama Menggunakan Media Gambar. S1 thesis, FBS.

Ramadani, Dita (2016) Pemanfaatan Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Diskusi Kelas, Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ramadhani, Dita Mulyana (2016) Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Majene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ramli, Ramli (2015) Keefektifan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI MAS Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, unm.

Ridhayani, Ridhayani (2015) Campur Kode pada Iklan di Stasiun Televisi Swasta (Kajian Sosiolinguistik. S1 thesis, UNM.

Ridwan, Ridwan (2015) Novel Lelaki Terindah. S1 thesis, unm.

Rosmawati, Rosmawati (2015) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V SD Negeri 4 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, unm.

Rusiana, Rusiana (2015) Penerapan Startegi Permainan Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Murid Menulis Kata Kelas I di SD Negeri 4 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, unm.

S

SASMAYUNITA, SASMAYUNITA (2014) Hubungan antara Peguasaan Gagasan Utama dan Struktur Kalimat dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SASMAYUNITA, SASMAYUNITA (2014) Hubungan antara Peguasaan Gagasan Utama dan Struktur Kalimat dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SUA, ANDI TENRI (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Menyimak dan Bebicara Bahasa Indonesia Secara Terpadu pada Siswa Kelas X MAN 2 Watampone Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SUKIRMAN, SUKIRMAN (2017) Analisis Penggunaan Deiksis dalam Cerpen Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar (Suatu Tinjauan Pragmatik). S1 thesis, FBS.

SYAMSURYAH, SYAMSURYAH (2017) Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Menggunakan Aksara Lontaraq pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. S1 thesis, FBS.

Sari, Andi Nirwana (2016) Tindak Direktif Guru Terhadap Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 2 Watansoppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Sari, Dwi Meyliana (2016) Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Sari, Tri Wahyuni (2015) Peningkatan Kemampuan Menganalisis Keterkaitan Unsur Prosa Fiksi dengan Kehidupan Sehari-hari melalui Metode Pembelajaran Investigasi Kelompok Siswa Kelas X-C SMA Datuk Ribandang Makassar. S1 thesis, unm.

Selfi, Selfi (2017) Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, FBS.

Sinar, Yulianti (2015) Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel Dian yang Tak Kunjung Padam karya S. Takdir Alisjahbana Sebuah Pendekatan Psikologi Sigmund Freud. S1 thesis, unm.

Sua, Andi Tenri (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Menyimak dan Bebicara Bahasa Indonesia Secara Terpadu pada Siswa Kelas X MAN 2 Watampone Kabupaten Bone. (dibimbing oleh Achmad Tolla dan Abdullah Dola). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Sulastri, Ririn (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan Teknik Membaca Accelerated Learning Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Mallusetasi. S1 thesis, unm.

Sulviana Sar, Devy (2014) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Bugis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas VII C SMPN 2 Watansoppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Suniar, Suniar (2016) AnalisisDeiksisdalam Proses PembelajaranBahasa Indonesia Kelas XI JurusanBahasa SMA Negeri 3 MakaleKabupatenTanaToraja (SuatuTinjauanPragmatik). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Suriani, Suriani (2016) AnalisisPermasalahan GurudalamPembelajaranBahasa Daerah Bugis di SMPNegeri se-KecamatanTaneteRiattangKabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Syahrul S, Syahrul S (2016) Keefektifan Penggunaan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Syamsidar, Syamsidar (2017) Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep. S1 thesis, FBS.

Syandiami, Nugra Reski (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT ANTARA SISWA KELAS X MIA DAN IIS SMA NEGERI 2 PANGKAJENE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Syukur, Saud, (2015) Saud, Syukur. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi Bahasa Jerman Berbasis Model Komunikasi SMCR Berlo di SMA. S1 thesis, unm.

sUSANTO, Armin (2013) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Intrinsik Novel melalui Model Numbered Heads Together Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

T

TARISMAH, TARISMAH (2016) Tindak Tutur Direktif Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Bajeng. S2 thesis, universitas negeri makassar.

TENRI, DASRAWATI (2014) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Takbir, A. Muhammad (2016) Kemampuan Membaca Nyaring Teks pau-pau Aksara Lontara Bugis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Lilirilau Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Thahir, Asriani (2014) “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

W

Wahyuni, Ayu (2016) Hasrat Tokoh Amba dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak (Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Wahyuni, Sri (2016) Keefektifan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. S2 thesis, universitas negeri makassar.

Wirdarahayu, Wirdarahayu (2016) Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. S1 thesis, universitas negeri makassar.

Y

YUSUF, MANSYUR (2017) Hegemoni dalam Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari (Suatu Kajian Hegemoni Antonio Gramsci). S1 thesis, FBS.

Yahya, Muhammad (2016) Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Z

ZULKIFLI, SUTRISNO (2016) Analisis Teks Pidato Terakhir Susilo Bambang Yudhoyono Sebagai Presiden Republik Indonesia Periode 2009-2014. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Zaenal, Fahriani (2014) Penggunaan Informasi Melalui Internet dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa”. Skripsi. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

This list was generated on Sat Feb 24 06:42:19 2018 MSK.