Keefektifan Open-Ended Method dalam Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas IX MTs Negeri Lappariaja Kabupaten Bone

Oddang, Andi Tenri (2016) Keefektifan Open-Ended Method dalam Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas IX MTs Negeri Lappariaja Kabupaten Bone. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis wacana argumentasi sebelum menggunakan open-ended (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis wacana argumentasi setelah menggunakan open-ended method, dan (3) mengetahui efektif atau tidak penerapan open-ended method terhadap kemampuan siswa dalam menulis wacana argumentasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (one group pretest design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX semester I MTs Negeri Lappariaja Kabupaten Bone. Penarikan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 1 kelas, yaitu kelas IX F sebagai pretes dan postes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa menulis wacana argumentasi setelah menggunakan open-ended method lebih efektif daripada menulis wacana argumentasi sebelum menggunakan open-ended method. Setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai thitung=8,011 dengan df 46, ttabel=2,00. Jadi thitung > ttabel, maka hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa open-ended method efektif diterapkan dalam menulis wacana argumentasi siswa kelas IX MTs Negeri Lappariaja Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2017 05:39
Last Modified: 05 Dec 2017 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item