ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

Adawiyah, Rabiatul and Saleh, Muhammad and Usman, Usman (2018) ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk tuturan alih kode guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Utara, (2) mendeskripsikan bentuk tuturan campur kode guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Utara, (3) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinta alih kode guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Utara, (4) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya campur kode guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik SLBC, teknik rekam, dan teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni klasifikasi, identifikasi, serta penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk alih kode antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu alih kode intern, dari bahasa Indonesia ke bahasa Bugis atau sebaliknya; (2) bentuk campur kode antara guru dan siswa, yaitu campur kode dalam bentuk kata dan frasa; (3) faktor penyebab terjadinya alih kode guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kode yang dikuasai lawan bicara, perubahan situasi untuk menciptakan suasana santai dengan kebercandaan, dan berubahnya situasi pembicaraan; (4) faktor penyebab terjadinya campur kode guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu faktor kebiasaan serta keinginan menjelaskan atau menafsirkan sesuatu. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada guru dan siswa agar meminimalisir penggunaan bahasa Bugis dalam interaksi belajar mengajar dan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukannya sebagai bahasa negara. Kata Kunci: alih kode, campur kode, bentuk, dan faktor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:41
Last Modified: 18 Dec 2018 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item View Item