PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 9 GOWA

Nursyamsi, Nursyamsi (2018) PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 9 GOWA. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 261-272. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Nursyamsi_Penerapan Pendekatan.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas X Kurikulum 2013 di SMA Negeri 9 Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Teks laporan hasil observasi merupakan jenis teks baru yang dipelajari pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen desing. Penelitian difokuskan pada pemahaman guru dan siswa terkait teks, materi, dan evaluasi pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas X SMA Kurikulum 2013 dengan menggunkan penerapan pendekatan integratif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Pretest-Postest Control Group Design. Alat pengumpul data adalah alat tes terkait pendekatan integratif dalam menulis laporang hasil observasi yang dilakukan pada dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperiment diberikan treatment (X) dan kelompok kontrol tidak. Metode analisis data yang digunakan Mann-Whitney Test dan Wilcoxon test. Dari hasil posttest diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,901 dengan db = 68, dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan db = 68 diperoleh 1,990. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel (2,901 > 1,990) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil mean posttest kelas eksperimen yaitu 8,03 dengan peningkatan skor sebesar 1,90 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 7,18 dengan peningkatan skor sebesar 0,94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan integratif lebih efektif daripada pendekatan konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis laporan hasil observasi. Kata Kunci: pendekata, integratif, laporan hasil observasi.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:26
Last Modified: 30 Oct 2018 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11322

Actions (login required)

View Item View Item