Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar

Amelia, Resky (2016) Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 41 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yaitu mengambil sampel secara acak dari keterwakilan masing-masing strata keseluruhan populasi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Aspek penilaian terbagi menjadi empat yaitu kesesuaian isi, organisasi isi, pemilihan kata/diksi serta penggunaan ejaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan mengubah teks wawancara menjadi teks berita siswa laki-laki kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar adalah 77 yang diperoleh dari hasil bagi jumlah rata-rata seluruh aspek dengan jumlah aspek yang dinilai atau 308/4 = 77 dan dikategorikan mampu sedangkan nilai rata-rata kemampuan mengubah teks wawancara menjadi teks berita siswa perempuan Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar adalah 76 yang diperoleh dari hasil bagi jumlah rata-rata seluruh aspek dengan jumlah aspek yang dinilai atau 304/4= 76 dan dikategorikan mampu. Berdasarkan hal tersebut, maka nilai rata-rata kemampuan mengubah teks wawancara menjadi teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar adalah 77 yang dikategorikan mampu. Kata kunci: Kemampuan, Mengubah, teks wawancara, teks berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:02
Last Modified: 04 Jul 2017 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item