“Keefektifan Metode Sugesti-Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng”

Tantu, Arini (2016) “Keefektifan Metode Sugesti-Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (9MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (posttest-only control design). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Liliriaja yang berjumlah 88 orang yang terbagi kedalam empat kelas. Sampel pada penelitian ini terbagi atas dua kelompok, yaitu siswa kelas VII A sebanyak 22 orang sebagai kelompok/kelas eksperimen dan siswa kelas VII D sebanyak 22 orang sebagai kelompok/kelas kontrol. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes tertulis. Siswa ditugaskan untuk menulis puisi setelah penerapan metode sugesti-imajinasi atau mendengarkan lagu yang bertemakan tentang keindahan alam. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok/kelas yang menggunakan metode sugesti-imajinasi memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok/kelas yang tidak menggunakan metode sugesti-imajinasi. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t terbukti bahwa metode sugesti-imajinasi efektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,174 > ttabel sebesar 2,018 maka ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan kelas yang menggunakan metode konvensional atau H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode sugesti-imajinasi efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi kelas VII SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Liliriaja untuk menerapkan metode sugesti-imajinasi pada pembelajaran menulis khususnya menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:27
Last Modified: 27 Feb 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item View Item