Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang

Safitri, Nur Anita Syamsi (2018) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artike Nur Anita Syamsi Safitri.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

. 2018. “”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh dan ). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru mata pelajaran bahasa Indonesia (Ibu HM dan Ibu C) dan 2 kelas VIII (B dan G) dengan jumlah 27 Siswa di masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observarsi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks berita telah dilaksanakan sesuai pedoman implementasi dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Langkah 5M pendekatan saintifik yang terdapat dalam kegiatan inti telah dilaksanakan yang meliputi langkah (1) mengamati terlaksana dengan menyimak, melihat, dan membaca. Langkah (2) menanya terlaksana dengan menanya dari guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa. Langkah (3) mencoba terlaksana dengan mengumpulkan informasi melalui buku. Langkah (4) menalar terlaksanadengan diskusi kelompok. Kemudian, langkah (5) mengomunikasikan terlaksana dalam bentuk lisan, tulisan, dan media lain berupa keliping. Kata kunci: Pembelajaran menulis teks berita, pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:39
Last Modified: 10 Dec 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item View Item