Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Project BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Proyek) Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar

NURLAELAH, NURLAELAH (2015) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Project BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Proyek) Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURLAELAH. 2015..doc

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK NURLAELAH. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Project BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Proyek) Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar (dibimbing oleh Andi Sukri Syamsuri dan Rahman Rahim). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, peningkatan aktivitas pembelajaran, dan peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi melalui model projectbasedlearning(pembelajaran berbasis proyek)siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian adalah aktivitas guru dan siswa serta hasil keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model projectbasedlearning. Teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta melalui tes menulis.Data penelitian berupa data proses dan data hasil. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model projectbasedlearning. Hal tersebut dapat dilihat pada analisis hasil observasi peneliti pada siklus I menunjukkan bahwa, aktivitas guru berada pada kategori cukup atau persentase sebesar 53%. Siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu berkategori baik atau persentase sebesar 42% sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tidak aktif atau persentase 61%, untuk siklus II terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi 100% siswa aktif.(2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar dengan menggunakan model projectbasedlearning.Hal tersebut tampak dari nilai yang diperoleh siswa pada siklus I jumlah nilai rata-rata 70,38 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II, jumlah nilai rata-rata 83,42 dan berada pada kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model projectbasedlearning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Makassar. ABSTRACT NURLAELAH. 2015. Improving the Students’ Ability to Write Report Text Based on Observations Using Project Based Learning Model in Class X MIA 3 of SMAN 8 Makassar (supervised by AndiSukriSyamsuri and Rahman Rahim). The study aimed at describing the lesson plan, the increasing of learning activities, and the improving of the students’ ability to write report text based on observation using project based learning model in class X MIA 3 of SMAN 8 Makassar. This study employed a classroom action research consisted of 2 cycles. The study focused on the activities of teachers and students and the result of writing report text skills based on observation using project based learning model. Data were collected through observation on teachers and students’ activities as well as the tests. The research data were in forms of data process and data result. Data process were analyzed in descriptive quantitative. The results of the study revealed that (1) there was enhancement in activity of teachers and students in writing report text learning process based on observation using project based learning model, proved in cycle I that the activity of the teachers was in fair category by 53%. Cycle II showed improvement from the previous cycle which was in goodcategoryby 42%; whereas, thestudents Activities incycle II wasinactive category by 61%. Cycle II showed improvement from the previous cycle which was in goodcategoryby 100%, and (2) there was an improvement of the students’ ability in writing report text based on observation in class X MIA 3 of SMAN 8 Makassar by using project-based learning model, proved in class X MIA 3 of SMAN Makassar by using project based learning model, proved in cycle I that the students’ ability was in fair category with the mean score 70,38. In cycle II that the students’ ability was in good category with the mean score 83.42. Thus, the conclusion of the study is the useof project-based learning model can improve the student’ ability in writing report text based on observation in class X MIA 3 of SMAN 8 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:42
Last Modified: 09 Dec 2016 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item