KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOSA (MONOPOLI BAHASA) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATANSOPPENG

Safitri, Irta (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOSA (MONOPOLI BAHASA) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATANSOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL IRTA SAFITRI (1551040036).pdf

Download (715kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hasil belajar keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan media pembelajaran monosa, (2) hasil belajar keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan media pembelajaran monosa, dan (3) keefektifan media pembelajaran monosa terhadap keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, menggunakan teknik tes unjuk kerja yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Watansoppeng yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan alat perekam video. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) analisis statistik deskriptif; dan (4) analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar keterampilan berbicara yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media monosa (pretest) adalah 55,40 dikategorikan rendah, (2) nilai rata-rata hasil belajar keterampilan berbicara yang diperoleh siswa setelah menggunakan media pembelajaran monosa (posttest) adalah 72,70 dikategorikan sedang, (3) media pembelajaran monosa efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watansoppeng. Hal ini berdasarkan dari uji hipotesis p-value < 0,05 yaitu 0,000 < 0,005, adapun nilai t hitung = 7.971 > t tabel 1.70113, sehingga ditetapkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: media monosa, keefektifan, keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2019 06:23
Last Modified: 09 May 2019 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item