Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Bugis Melalui Metode Kooperatif tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten Bone

Rismatang, St. (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Bugis Melalui Metode Kooperatif tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten Bone. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP RISMA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Bugis siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Sibulue pada tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru bahasa daerah dan siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten Bone dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 12 dengan jumlah keseluruhan 26 orang siswa. Data perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada hasil penelitian diperoleh dari sumber data yaitu guru dan siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan perencananaan, pelaksanaan, dan evalusi penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yang dapat diuraikan sebagai berikut: tahap perencanaan pada siklus II peneliti dan guru kembali merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang hampir sama pada siklus I. Pada siklus II peneliti dan guru kembali merancang langkah-langkah pembelajaran yang belum terlaksana pada siklus I dan akan dilaksanakan pada siklus II. Proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sudah terlaksana dengan efektif dan memuaskan setelah dilakukan perbaikan masalah yang ada pada siklus I. Siklus II guru telah bersifat profesional dengan melakukan apersepsi, meyampaikan materi pembelajaran dengan baik, memberikan motivasi, memantau kegiatan belajar siswa serta mengarahkan siswa pada pembelajaran dengan penerapan metode kooperatif tipe jigsaw. Melihat aktvitas guru sudah efektif tentu akan berpengaruh kepada proses aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siswa terlihat lebih antusias dalam mendegarkan materi yang disampaikan, siswa mulai terlibat dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mampu bekerja sama dengan anggota kelompoknya, siswa mampu mengajarkan temuanya kepada temannya dan melakukan tanya jawab ketika mendapat masalah dalam megerjakan tugasnya. Pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran karena masing-masing siswa sudah memiliki rasa tanggung jawab terhadap materi yang diberikan. Keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Hasil tes keterampilan berbicara siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 51,07. Terjadi peningkatan pada siklus II sekitar 86,42 masuk pada kategori baik dan mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:23
Last Modified: 05 Mar 2018 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item