” Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Rakyat Toraja Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sopai Kabupaten Toraja’’

Syaharuddin, Muthmainnah (2016) ” Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Rakyat Toraja Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sopai Kabupaten Toraja’’. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
SYAHARUDDIN MUTHMAINNAH.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat Toraja siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif yang dirancang dalam bentuk angka-angka. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri2 Sopai Kabupaten Toraja Utara dari 3 kelas yang menjadi populasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIC semester 2. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah tes tertulis yakni dalam bentuk tes pertanyaan pilihan ganda dan essai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap : (1) Membuat daftar skor mentah; (2) Membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) Mencari persentase kemampuan rata-rata siswa; dan (4) Membuat tabel klasifikasi kemampuan siswa. Kriteria kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat Toraja siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara, Nilai minimal 75 dari nilai ideal. Dan tuntas secara klasikal mencapai 75% dari jumlah murid yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Hasil penelitian kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat Toraja siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara dalam menjawab pertanyaan essai dan pilihan ganda berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,7. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat Toraja siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sopai Kabupaten Toraja Utara disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal belajar dipengaruhi oleh minat, kesenangan dan kebiasaan, sedangkan faktor eksternal belajar berkaitan dengan kesempatan membaca, pemanfaatan perpustakaan, dan nilai maksimal yang diperoleh siswa. Kedua faktor tersebut mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat Toraja siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sopai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:33
Last Modified: 30 Apr 2018 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item