‘’Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Lontarak Bugis dengan Menggunakan Metode Small Group Work pada Siswa Kelas VII.4 SMP Negeri 4 Parepare’’

HANDAYANI, MERLY (2016) ‘’Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Lontarak Bugis dengan Menggunakan Metode Small Group Work pada Siswa Kelas VII.4 SMP Negeri 4 Parepare’’. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
SKRIPISKU.docx

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan membaca nyaring teks lontarak Bugis dengan menggunakan metode Small Group Work pada siswa kelas VII.4 SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu diawali dengan perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus.Setiap siklus diadakan tes akhir siklus.Penekanan utama pada penelitian ini adalah penerapan metode alphabet dalam meningaktkan kemampuan membaca nyaring teks lontarak Bugis. Data dikumpulkan dari hasil tes tersebut dianalisis untuk menentukan tingkat penguasaan siswa pada pemeblajaran membaca dan hasil nontes untuk melihat bagaimana perubahan sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca nyaring teks lontaraq Bugis dengan menggunakan metode Small Group Work pada siswa kelas VII.4 SMP Negeri 4 Parepare yang lebih baik. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil tes membaca nyaring pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya peningkatan pada siklus I hasil tes kemampuan membaca nyaring teks lontaraq Bugis dengan menggunakan metode Small Group Work siswa mencapai nilai rata-rata 65,8% yang termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca nyaring teks lontaraq Bugis dengan menggunakan metode Small Group Work dengan nilai rata-rata 75,8% yang termasuk dalam kategori baik, sehingga dapat dikatakan hasil penelitian atau pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan. Saran untuk guru mata pelajaran bahasa daerah yakni demi kelancaran pelaksnaan kegiatan belajar mengajar, para peneliti hendaknya melakukan penelitian dengan menggunakan metode, teknik dan media yang lebih menarik, kreatif, dan variatif sehingga, memperkaya khasanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:34
Last Modified: 27 Feb 2018 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item