MARGINALISASI ORANG TIDAK MAMPU PADA TEKS CERPEN DALAM BUKU TEKS SISWA KELAS XI (TINJAUAN ANALISIS WACANA KRITIS)

Bachtiar, Akbar (2016) MARGINALISASI ORANG TIDAK MAMPU PADA TEKS CERPEN DALAM BUKU TEKS SISWA KELAS XI (TINJAUAN ANALISIS WACANA KRITIS). Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
Jurnal skripsi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Abstrak: “Marginalisasi Orang Tidak Mampu pada Teks Cerpen dalam Buku Teks Siswa Kelas XI (Tinauajn Analisis Wacana Kritis)” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonaesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Johar Amir dan Juanda). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud kosakata marginalisasi orang tidak mampu pada teks cerpen dalam buku teks siswa SMA Kelas XI; (2) wujud gramtika marginalisasi orang tidak mampu pada teks cerpen dalam buku teks siswa SMA Kelas XI; dan (3) wujud struktur teks marginalisasi orang tidak mampu pada teks cerpen dalam buku teks siswa SMA Kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis secara kritis buku teks Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMA Kelas XI terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah peneliti dan tabel analisis kerja. Data penelitian ini adalah teks cerita pendek berupa kosakata, gramatika, dan struktur teks yang mengandung unsur marginalisasi terhadap orang tidak mampu pada teks cerita pendek dalam buku teks, sedangkan sumber data penelitian ini merupakan buku teks bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk SMA Kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, baca, dan catat. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) deskripsi, (2) interpretasi, dan (3) eksplanasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) dilihat dari fitur kosakata yang tampil, ditemukan kata-kata sebagai bentuk marginalisasi terhadap orang tidak mampu berupa proses leksikal, relasi makna, ekspresi eufemistik, kosakata formal, evaluasi positif-negatif, dan metafora. Pada fitur tersebut ditemukan upaya penulis dalam menempatkan masyarakat kelas bawah dalam posisi marginal; (2) dilihat dari fitur gramatika yang tampil, ditemukan proses penegasian, dan modus kalimat. Pada penggunaan fitur-fitur tersebut, ditemukan bahwa terdapat dikriminasi pada masyarakat kelas bawah dalam teks cerpen yang tampil; dan (3) dilihat dari struktur teks yang tampil, ditemukan penggunaan sapaan, dan penyembunyian teks. Pada fitur-fitur tersebut ditemukan upaya penulis untuk menciptakan jarak sosial yang ditandai dengan pengunaan sapaan untuk menandai kelas sosial seseorang, dan penghilangan teks karena tidak sesuai dengan moral siswa untuk membacanya. KATA KUNCI Analisis Wacana Kritis, Marginalisasi, Kosakata, Gramatika, Struktur Teks

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:05
Last Modified: 02 Apr 2019 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item View Item