ANALISIS MUATAN KEARIFAN LOKAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) PADA BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS X

Syahriani, Nur (2019) ANALISIS MUATAN KEARIFAN LOKAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) PADA BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS X. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK , 2019. “Analisis Muatan Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat (Hikayat) pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sulastriningsih Djumingin, M. dan Usman). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat (hikayat) pada buku teks Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat yang mengandung muatan kearifan lokal dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam teks cerita rakyat sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Kemendikbud yang berjudul “Bahasa Indonesia” untuk kelas X SMA/MA/SMK/MAK. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca, teknik catat, dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang digunakan berupa kata dan frasa. Temuan bentuk kearifan lokal meliputi budaya, norma, etika, kepercayaan, adat-istiadat, dan hukum adat. Sedangkan nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks cerita rakyat (hikayat) yang terdapat dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X lewat hasil analisis muatan kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya mampu membentuk pesan positif kepada siswa. Penggunaan kata, susunan kata, pilihan kata yang sederhana sangat direkomendasikan untuk bacaan siswa. Dengan begitu, siswa akan mudah memahami makna yang ingin disampaikan melalui cerita rakyat (hikayat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2019 05:07
Last Modified: 06 Aug 2019 05:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item