“Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang”

Arifin, Arifin (2014) “Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, (2) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, dan (3) membuktikan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam pembelajaran mParagraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang yang berjumlah 317 orang yang terbagi ke dalam sepuluh kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan tes menulis paragraf deskriptif. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa pada keterampilan menulis paragraf deskriptif dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) adalah 81,63, (2) nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional adalah 33,13, dan (3) Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,64 lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,04. Oleh karena thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang diterima. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) efektif diterapkan dalam pemebelajaran menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:25
Last Modified: 01 Mar 2018 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item