Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual (Lagu “Berita Kepada Kawan” Karya Ebiet G. Ade) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep

MARDAENY, NENNY (2015) Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual (Lagu “Berita Kepada Kawan” Karya Ebiet G. Ade) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
NENNY.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade); (2) kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade), dan (3) keefektifan penggunaan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade) terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (Posttest Only Control Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep tahun pelajaran 2014−2015. Penarikan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t dengan menggunakan program komputer IBM SPSS Statistic Version 21 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade) lebih baik daripada kemampuan siswa dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade). Setelah dianaisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai thitung > ttabel, maka hipotesisis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade) efektif digunakan terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya memanfaatkan suatu media yang dapat membantu proses pembelajaran menulis cerpen. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade). Penggunaan media audiovisual yang berupa lagu kiranya dapat memberikan rangsangan imajinasi kepada siswa dalam menulis cerpen; (2) selain media audiovisual (lagu “Berita Kepada Kawan” karya Ebiet G. Ade), penggunaan media audiovisual dapat divariasikan dengan lagu-lagu lain yang relevan dengan pembelajaran menulis cerpen, dan (3) media audiovisual yang berupa lagu dapat pula digunakan pada pembelajaran menulis kreatif lainnya, yakni pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2018 05:34
Last Modified: 03 May 2018 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item