“Peningkatan Kemampuan Memahami Informasi Lisan Menggunakan Model Pemebelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar”

Halik, Andi Nurmiyanti (2014) “Peningkatan Kemampuan Memahami Informasi Lisan Menggunakan Model Pemebelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam proses pelaksanaan dan hasil pembelajaran memahami isi informasi pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negari 1 Bontomatene dengan jumlah siswa 30 orang pada tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi dan perolehan nilai saat melaksanakan turnamen. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas mengenai peningkatan keampuan memahami isi informasi pada siswa kelas X-3, diperolehlah data proses dan data hasil. Data proses pada siklus I menunjukkan keterlibatan siswa masih kurang, dan masih banyak siswa yang ribut saat pemutaran video informasi. Sedangkan data proses pada siklus II menunjukkan aktivitas siswa saat proses pembelajaran telah mengalami perubahan, sebab sebagian besar siswa sudah terlibat aktif. Turnamen pun berjalan dengan sangat baik sebab 80% (24 siswa) mampu menyampaikan isi informasi. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siklus I dan II melalui beberapa langkah yaitu, (1) siswa dibagi dalam enam kelompok, (2) siswa menyimak informasi dalam bentuk audiovisual, (3) setiap kelompok mengerjakan Lembar Kerja Kelompok, (4) siswa menyampaikan informasi kepada kelompok lain, (5) siswa dibagi kembali dalam bentuk kelompok turnamen akademik, (6) siswa melakasnakan turnamen, dan (7) siswa mengumpulkan poin dengan menjawab kartu soal saat turnamen. Sedangkan, data hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan hanya 55,4% (16 siswa) yang mencapai KKM 70 dan 44,6 % (14 siswa) lainnya tidak tuntas. Jadi dapat disimpulkan bahwa siklus I tidak berhasil. Sedangkan data hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 70 menjadi 85% (25 siswa) hanya 25% (5 siswa) yang tidak tuntas. Jadi, peningkatan jumlah siswa mencapai nilai KKM 70 dari siklus I ke siklus II mencapai 29,6% (9 siswa). Sehubungan dengan penelitian ini, peneliti menyarankan agar pengunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan kembali pada proses pembelajaran, sebab telah terbukti efektif dan dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Kedepannya, saat melakukan penelitian tentang keterampilan menyimak informasi, peneliti selanjutnya bisa lebih terampil menggunakan model atau metode yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:20
Last Modified: 01 Mar 2018 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item