Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Kegiatan Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar

Djumingin, Anzhari (2016) Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Kegiatan Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
Anzhari Djumingin (1251040024).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anzhari Djumingin. 2017. “Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Kegiatan Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Salam, M.Pd dan Dr Sulastriningsih Djumingin, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa dari guru ke siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar, (2) mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa dari siswa ke siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peristiwa berbahasa guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah tuturan kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, teknik transkripsi, dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu (1) tabulasi data, (2) penyajian data, (3) interpretasi, dan (4) penarikan kesimpulan. Bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari guru ke siswa yang berwujud (1) kalimat deklaratif menaati maksim (a) kearifan, (b) pujian, dan (c) kemufakatan; (2) kalimat interogatif menaati maksim (a) kearifan dan (b) pujian; (3) kalimat imperatif menaati maksim (a) kearifan; (4) kalimat ekslamatif menaati maksim (a) kearifan. Bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi dari siswa ke siswa yang berwujud (1) kalimat deklaratif menaati maksim (a) kearifan, (b) kedermawanan, (c) pemufakatan, dan (d) simpati; (2) kalimat interogatif menaati maksim (a) kearifan dan (b) simpati; (3) kalimat imperatif menaati maksim (a) kearifan; (4) kalimat ekslamatif menaati maksim (a) kearifan. Kata Kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, tindak tutur, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:29
Last Modified: 02 Apr 2019 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item