HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SOPPENG KABUPATEN SOPPENG

Dewi, Sutra (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SOPPENG KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Sutra.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sutra Dewi, 2019. “Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng Kabupaten Soppeng”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Akmal Hamsa dan Sultan). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendekskripsikan taraf kebiasaan membaca siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng Kab. Soppeng, mendekskripsikan taraf kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng Kabupaten Soppeng, dan taraf hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kebiasaan membaca siswa sedangkan variabel terikat adalah kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng yang berjumlah 154 orang. Sampel yang ditetapkan sebanyak 108 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampel Krejcie dan Morgan secara acak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan teknik tes uraian berupa tugas dan non tes berbentuk angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan teknik statistik dekskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kebiasaan membaca siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng berada pada kategori cukup tinggi dengan perolehan nilai ratarata 67,98 dan tingkat kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng berada pada kategori cukup mampu dengan perolehan nilai ratarata 74,24. Adapun nilai rxy adalah 0,957. Dengan demikian, hipotesis diterima artinya terdapat korelasi positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng. Korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Soppeng, dapat dikategorikan sebagai korelasi kuat. Kata Kunci: hubungan, kebiasaan membaca, menulis, teks eksposisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:05
Last Modified: 15 Nov 2019 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15488

Actions (login required)

View Item View Item