Keefektifan model Collaborative Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar

Pratiwi, Dhiza Nurul (2017) Keefektifan model Collaborative Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
10. BAB I.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar dengan penerapan model Collaborative Learning dan tanpa penerapan model Collaborative Learning. (2) Mendeskripsikan perbedaan yang signifikan pada penerapan model Collaborative Learning dan tanpa penerapan model Collaborative Learning dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar yang berjumlah 348 orang siswa. Adapun sampel penelitian berjumlah 58 siswa dari 2 kelas yaitu, kelas VIII-a dan kelas VIII-b. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pada kelas kontrol hanya 3 orang siswa (10%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 57 yang dikategorikan cukup mampu dalam menulis teks berits, sedangkan kelas eksperimen sebanyak 23 orang siswa (80%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 80 yang dikategorikan mampu dalam menulis teks berita. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektif yang signifikan antara keefektifan menulis teks berita kelas kontrol tanpa penerapan model Collaborative Learning dan kelas eksperimen dengan penerapan model Collaborative Learning, jadi siswa pada kelas kontrol tidak mencapai KKM dan kelas eksperimen mencapai KKM. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,994 > ttabel = 2,003, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:07
Last Modified: 27 Mar 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item