PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI BAHASA BUGIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

Fajriani, Fajriani Nur (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI BAHASA BUGIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL FAJRIANI NUR.docx

Download (64kB)

Abstract

,3 Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar Email: risma17maret@gmail.com ABSTRAK Fajriani Nur. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VIII Botani SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pnagkep”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Sastra Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Andi Fatimah Yunus). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VIII Botani SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pnagkep.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tobservasi,, teknik angket dan teknik tes. Data dalam analisis data digunakan teknik analisis kuantitatif. Tahap proses pembelajaran telah mengalami peningkatan guru, telah melakukan tahap-tahap pembelajaran model pembelajaran Mind Mapping secara maksimal sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Pada tahap penilaian hasil pembelajaran siswa dalam menulis pengalaman pribadi bahasa Bugis dengan Mind Mapping menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa baru mencapai kategori cukup, 62,9. Namun, peningkatan hasil belajar siklus II sebesar,86,5. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan guru kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan keterampilannya dalam menulis pengalaman pribadi bahasa Bugis dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam proses pembelajaran. Kata kunci : menulis, pengalaman Pribadi, dan model pembelajaran Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11953

Actions (login required)

View Item View Item