Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang

Harpiani, St. (2017) Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang. S1 thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang yang berjumlah 89 siswa terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Kelas VII B yang berjumlah 31 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes pemberian tugas menulis puisi dengan teknik akrostik. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar nilai; (2) membuat distribusi frekuensi dari nilai; (3) mencari mean rata-rata; (4) membuat tabel kategorisasi kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menentukan judul dalam menulis puisi dengan teknik akrostik siswa Kelas VII B MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang memperoleh nilai rata-rata 90, berkategori sangat mampu, kemampuan menjabarkan huruf-huruf akrostik dengan menggunakan diksi yang tepat dalam menulis puisi siswa Kelas VII B MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang memperoleh nilai rata-rata 86, berkategori sangat mampu, sedangkan kemampuan penggunaan gaya bahasa dalam menulis puisi dengan teknik akrostik siswa Kelas VII B MTs. Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang memperoleh nilai rata-rata 69, berkategori cukup mampu. Hal ini dapat dilihat dari kategorisasi kemampuan siswa, nilai 85-100 dengan kategori sangat mampu, nilai 75-84 dengan kategori mampu, nilai 55-74 dengan kategori cukup mampu, dan nilai 25-54 dengan kategori kurang mampu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:27
Last Modified: 13 Apr 2018 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7428

Actions (login required)

View Item View Item