Astuti, Rehesky Puji (2016) Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Menulis Wacana Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cendana Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, universitas negeri makassar.
Text
Rehesky Puji Astuti.docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK , 2016. “”. Skripsi. . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan frasa, klausa, dan kalimat dalam menulis wacana deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Cendana Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan penggunaan frasa, klausa, dan kalimat yang diperoleh dari tes subjektif/tes tertulis pada wacana deskripsi siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah wacana deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Cendana Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, yakni berupa wacana deskripsi siswa, mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, menjelaskan kesalahan/mendeskripsikan dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan frasa, klausa, dan kalimat pada wacana deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Cendana Kabupaten Enrekang adalah: Pertama, kesalahan penggunaan frasa meliputi: a) susunan kata yang tidak tepat, b) penggunaan unsur yang berlebihan atau mubazir, c) penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, dan d) penjamakan ganda (kesalahan penggunaan bentuk jamak). Kedua, kesalahan penggunaan klausa meliputi klausa yang rancu. Ketiga, kesalahan penggunaan kalimat meliputi: a) kalimat yang tidak logis, b) kalimat yang ambigu, c) penggunaan istilah asing, dan d) penggunaan konjungsi yang berlebihan. Kata Kunci: kesalahan sintaksis, frasa, klausa, kalimat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 02:17 |
Last Modified: | 04 Jul 2017 02:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2657 |
Actions (login required)
View Item |