Pengaruh Teknik Debat terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang

Sari, Andi Nurindah (2018) Pengaruh Teknik Debat terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL INDAH.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara sebelum menerapkan teknik debat, mendeskripsikan keterampilan berbicara setelah menerapkan teknik debat, dan membuktikan pengaruh teknik debat terhadap keterampilan berbicara siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang, populasi penelitian ini berjumlah 277 siswa. Adapun sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 yang berjumlah 36 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk berbicara. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikan hasil keterampilan berbicara sebelum dan setelah menerapkan teknik debat sedangkan analisis statistik inferensial mendeskripsikan pengaruh penerapan teknik debat. Dari uraian hasil analisis data statistik deskriptif nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada pretes 84 dan nilai terendah diperoleh 20 dengan nilai rata-rata 49,38. Sedangkan pada postes nilai tertinggi yang diperoleh siswa 96 dan nilai terendah 46 dengan nilai rata-rata 75,77. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji regresi diperoleh nilai probobilitas = 0,00<0,05 maka keputusannya adalah H 0 ditolak dan H 1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik debat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang. Berdasarkan simpulan tersebut, dapat dikemukakan beberapa saran sehubungan dengan hasil penelitian ini. Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang berusaha memperkaya teknik pembelajaran keterampilan berbicara dan selalu memberikan pelatihan kepada siswa dalam berbicara, bagi siswa hendaknya membiasakan diri berbicara di depan siswa yang lain guna mempermudah siswa menuangkan gagasannya secara lisan, dan bagi peneliti agar dapat dijadikan sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci : teknik debat, keterampilan berbicara, pengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 09:10
Last Modified: 09 Apr 2018 09:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item