REGISTER DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERTEMA COVID-19 DI MEDIA SOSIAL

Putri, Desak Putu (2021) REGISTER DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERTEMA COVID-19 DI MEDIA SOSIAL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL DESAK PUTU PUTRI.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Register dalam Iklan Layanan Masyarakat Bertema Covid19 di Media Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk register pada tataran kata, (2) bentuk register pada tataran frasa, dan (3) bentuk register pada tataran kalimat dalam iklan layanan masyarakat bertema Covid-19 di media sosial. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, simak dan catat dengan berpedoman pada indikator iklan layanan masyarakat yang telah ditetapkan. Iklan layanan masyarakat dianalisis dengan teknik analisis isi melalui lima tahap, yaitu (1) mengidentifikasi data, (2) mengategorikan data, (3) menginterpretasi data, (4) menyajikan data, dan (5) menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan berupa penggunaan register Covid-19 pada tataran kata, frasa, dan kalimat dalam iklan layanan masyarakat di media sosial. Penggunaan register Covid-19 pada tataran kata yang ditemukan dalam iklan layanan masyarakat di media sosial terdiri atas tiga kategori kata, yaitu penggunaan register berkategori nomina (kata benda), penggunaan register berkategori verba (kata kerja), dan penggunaan register berkategori adjektiva (kata sifat). Penggunaan register Covid-19 pada tataran frasa yang ditemukan dalam iklan layanan masyarakat di media sosial meliputi empat kategori frasa, yaitu berkategori frasa nomina yang memiliki komponen makna [+nama virus], [+keadaan], [+tempat], [+kegiatan], [+aturan], [+benda], [+penyebaran penyakit], dan [+proses], berkategori frasa verba yang memiliki komponen makna [+tindakan fisik] dan [+sasaran], berkategori frasa adjektiva yang memiliki komponen makna [+keadaan], dan berkategori frasa preposisi yang memiliki komponen makna [+tempat berada], [+arah asal], [+arah tujuan], dan [+pelaku]. Penggunaan register Covid-19 pada tataran kalimat yang ditemukan dalam iklan layanan masyarakat di media sosial meliputi tiga kategori kalimat, yaitu kalimat berita berupa pernyataan dan pemberitaan yang mengandung informasi, kalimat perintah berupa suruhan, ajakan, dan larangan, dan kalimat tanya yang berupa pertanyaan biasa dan pertanyaan retoris. Kata kunci: Register Covid-19, Iklan Layanan Masyarakat, Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Jan 2022 06:45
Last Modified: 04 Jan 2022 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item