“Keterampila Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siwsa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru”

Musriani, Musriani (2016) “Keterampila Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siwsa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu peneliti mendeskripsikan angka-angka untuk mengukur keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Populasi penelitian ini sebanyak 5 kelas yang berjumlah 117 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, dan terpilih kelas Kelas VII.1 dan VII.3 yang berjumlah 46 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian keterampilan menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur diperoleh 18 (39,13%) orang yang berkategori terampil dan 28 (60,87%) orang yang berkategori kurang terampil; berdasarkan ciri bahasa 26 (56,53%) orang yang berkategori terampil dan 20 (43,47%) orang yang berkategori kurang terampil; berdasarkan ejaan 4 (8,69%) orang yang berkategori terampil dan 42 (91,31%) orang yang berkategori kurang terampil. Secara keseluruhan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanete Rilau diperoleh 38 (82,61) orang yang berkategori kurang terampil dan 8 (17,39) yang berkategori terampil. Dengan demikian, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru, berkategori kurang terampil. Sesuai dengan hasil penelitian diajukan saran, yaitu guru bahasa Indonesia hendaknya memperhatikan hasil belajar siswa, khususnya dalam menulis teks laporan hasil observasi yang memiliki tiga aspek penting yaitu struktur teks, ciri bahasa dan ejaan. Guru sebaiknya mencari strategi dan bahan ajar yang lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa, khususnya di SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:12
Last Modified: 26 Feb 2018 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item