Pengaruh Teknik Musikalisasi Puisi terhadap Kemampuan Menyimak Puisi Makassar Siswa Kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa

Kurnianti, Kurnianti (2019) Pengaruh Teknik Musikalisasi Puisi terhadap Kemampuan Menyimak Puisi Makassar Siswa Kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Kurnianti, 2019. Pengaruh Teknik Musikalisasi Puisi terhadap Kemampuan Menyimak Puisi Makassar Siswa Kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Mayong dan Kembong Daeng). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa pada saat pretes tanpa menggunakan teknik musikalisasi puisi? (2) Bagaimanakah kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa pada saat postes dengan menggunakan teknik musikalisasi puisi? (3) Adakah pengaruh positif teknik musikalisasi puisi terhadap kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa pada saat pretes tanpa menggunakan teknik musikalisasi puisi. (2) Kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa pada saat postes dengan menggunakan teknik musikalisasi puisi. (3) Pengaruh positif teknik musikalisasi puisi terhadap kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe one group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 61 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 21 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara sampel acak (random sampling). Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan teknik musikalisasi puisi terhadap kemampuan menyimak puisi Makassar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05) yaitu 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Teknik Musikalisasi Puisi berpengaruh terhadap kemampuan menyimak puisi Makassar siswa kelas X SMA Aksara Bajeng Kabupaten Gowa. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar kemampuan menyimak puisi Makassar siswa dari rata-rata hasil perolehan siswa sebesar 39,28 sebelum digunakan teknik musikalisasi puisi menjadi 81,67 setelah digunakan teknik musikalisasi puisi. Kata kunci : Musikalisasi puisi, kemampuan menyimak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:02
Last Modified: 15 Nov 2019 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item