Dominasi Penjajah terhadap Subaltern dalam Novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako Karya E. Rokajat Asura (Suatu Tinjauan Poskolonial Gayatri Chakravorty Spivak).

HAMZAH, AZHAR (2017) Dominasi Penjajah terhadap Subaltern dalam Novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako Karya E. Rokajat Asura (Suatu Tinjauan Poskolonial Gayatri Chakravorty Spivak). S1 thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
azhar.pdf

Download (127kB) | Preview

ABSTRAK AZHAR HAMZAH, 2017. “Dominasi Penjajah terhadap Subaltern dalam Novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako Karya E. Rokajat Asura (Suatu Tinjauan Poskolonial Gayatri Chakravorty Spivak).” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rapi Tang dan Juanda). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) dominasi penjajah terhadap subaltern dalam novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako karya E. Rokajat Asura; 2) pengaruh dominasi penjajah terhadap subaltern dalam novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako karya E. Rokajat Asura; 3) perlawanan subaltern terhadap dominasi penjajah dalam novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako karya E. Rokajat Asura. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian adalah kutipan teks, (baik berupa frasa, kalimat ataupun paragraf) yang terdapat dalam novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako yang menggambarkan sesuai fokus permasalahan. Sumber data penelitian ini adalah novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako yang terbit tahun 2015 oleh badan penerbit Edelweiss dengan jumlah halaman 321. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Data penelitian diidentifikasi, diklasifikasikan, dianalisis dan dideskripsikan. Data penelitian dianalisis menggunakan teori Poskolonial Gayatri Chakravorty Spivak mengenai kajian subaltern. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya; pertama, Dominasi penjajah terhadap subaltern dalam bentuk penindasan yang berujung pada kekerasan dan penyiksaan serta kekuasaan yang berdampak pada penguasaan dan pengaturan kesewenang-wenangan terhadap kaum subaltern. Kedua, pengaruh dominasi penjajah terhadap subaltern yang menimbulkan dua pengaruh yaitu dari segi fisik dan mental (batin). Ketiga, perlawanan subaltern terhadap dominasi penjajah dalam bentuk tuntutan sampai bentrok fisik karena kaum subaltern yang diperlakukan tidak adil dan sewenang-wenang melakukan kekerasan dan ketidakberdayaan kaum subaltern melawan penjajah kemudian menjadi tugas kaum elit untuk membantunya. Saran pada penelitian ini; Pertama, diharapkan bagi peneliti lain dapat mengkaji novel Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako dengan teori dan metode kajian yang berbeda sebagai wujud pengembahan ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Kedua, dapat menjadi bahan referensi bagi peneliti yang ingi meneliti topik penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Kata kunci: Poskolonial, subaltern, dominasi, pengaruh, perlawanan, kaum elit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Apr 2019 02:19
Last Modified: 01 Apr 2019 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12772

Actions (login required)

View Item View Item