Perlawanan Tokoh Terhadap Kerusakan Hutan dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari Kajian Ekokritik Greg Garrard

DAYANTI, AULIA and Juanda, Juanda and Saguni, Suarni Syam (2019) Perlawanan Tokoh Terhadap Kerusakan Hutan dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari Kajian Ekokritik Greg Garrard. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kerusakan hutan dan perlawanan tokoh bedasarkan kajian ekokritik Greg Garrard.penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, di Jakarta pada tahun 2015 tebal 176 halaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dokumentasi yang terbagi menjadi teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak terdapat kerusakan- kerusakan yang terjadi akibat dari ulah manusia.Dalam novel tersebut, kerusakan yang ditemukan berupa kerusakan hutan, kepunahan binatang, pencemaran.Pertama, kerusakan hutan akibat pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan warga Tanggir secara berlebihan di Bukit Cibalak.Kedua, kepunahan binatang dikarenakan perubahan ekosistem.Ketiga, terjadinya pencemaran udara dan tanah terjadi dikarenakan munculnya kendaraan bermotor dan teknologi pertanian yang menyebabkan polusi udara dan erosi terhadap tanah.Sementara mengenai bentuk perlawanan dapat dilihat dari sikap yang dilakukan oleh tokoh Pambudi, Pak Barkah, dan Tono.Perlawanan yang dilakukan bersifat idelogis, melalui tulisan yang kritis terhadap pemerintah.Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi setiap orang untuk lebih memperhatikan, menjaga dan mencintai lingkungannya. Kata Kunci: Ekokritik, Kerusakan Hutan, dan Perlawanan Tokoh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:10
Last Modified: 01 Jul 2019 04:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item