Analisis Struktur Teks Cerita Pendek pada Tulisan Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar

Rahayu Lestari, Sri (2018) Analisis Struktur Teks Cerita Pendek pada Tulisan Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks cerita pendek pada tulisan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar pada aspek isi teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah teks cerita pendek, sebagai bahan dasar kajian dan analisis. Oleh karena itu, data dalam penelitian ini, sebagai: bentuk analisis struktur teks cerita pendek pada tulisan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas XI. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar berjumlah 75 orang tahun pelajaran 2017/2018 yang tersebar kedalam 2 kelas secara homogen.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik tes menulis teks cerita pendek Data penelitian ini diperoleh melalui pemberian tugas oleh guru kepada siswa, yang dikerjakan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan strutur cerita pendek yang ditulis oleh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar yang meliputi penggunaan struktur (orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda) ditemukan sebanyak delapan cerita pendek. Satu cerita pendek yang tidak memiliki struktur orientasi, dua cerita pendek yang tidak memiliki struktur komplikasi, dua cerita pendek yang tidak memiliki struktur evaluasi, lima cerita pendek yang tidak memiliki struktur resolusi, dan ada sembilan ceita pendek yang tidak memiliki struktur koda dari total dua puluh cerita pendek; (2) Penggunaan struktur cerita pendek dalam menulis cerita yang meliputi penggunaan orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda akan memudahkan pembaca untuk mengikuti alur cerita, sekaligus memudahkan pembaca untuk menemukan pesan atau amanat yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Begitupun sebaliknya, apa bila penggunaan struktur cerita tidak lengkap (orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda) akan menyulitkan pembaca untuk memahami cerita yang disampaikan; dan (3) Terkhusus pada struktur koda di dalam cerita pendek, terdapat koda yang secara langsung dituliskan (tersurat) dan adapula koda yang disampaikan secara tersirat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 May 2018 05:42
Last Modified: 23 May 2018 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item