TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN PINRANG

Zainuddin, Zainuddin (2018) TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal zaid.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zainuddin, 2018. “Tindak Tutur Ekspresif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MAN Pinrang Kabupaten Pinrang’’. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Muh. Rapi Tang dan Juanda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru baik itu fungsi tuturan, strategi tuturan dan modus tuturan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MAN Pinrang Kabupaten Pinrang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data dengan melalui interpretasi. Hasil penelitian pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MAN Pinrang menunjukkan bahwa penggunaan jenis tindak tutur ekspresif yang paling banyak digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran yaitu fungsi tindak tutur ekspresif kemudian disusul oleh modus tindak tutur dan yang terakhir adalah strategi tindak tutur. Pada proses pembelajaran jenis tindak tutur ekspresif terbanyak digunakan yaitu tindak tutur menanyakan atau memeriksa. Pada keseluruhan proses pembelajaran tindak tutur ekspresif yang ditemukan 157 tuturan paling banyak digunakan adalah fungsi tindak tutur ekspresif ditemukan sebanyak 74 fungsi tuturan, kemudian yaitu strategi tuturan atau atrategi tindak tutur ekspresif sebanyak 33 strategi tindak tutur, dan yang terakhir adalah modus tindak tutur ekspresif yang jumlahnya sebanyak 50 modus tindak tutur ekspresif. Berdasarkan hasil penelitian di atas guru dapat menggunakan tindak tutur ekspresif sebagaimana fungsinya, dalam suatu tuturan penutur atau mitra tutur harus mengunakan funsi, strategi, dan modus tindak tutur sebagai mana funsinya Kata kunci: Tindak Tutur ekspresif guru dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2018 05:31
Last Modified: 13 Dec 2018 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item View Item