Keefektifan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng

Fitriani, Yuni (2017) Keefektifan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikanhasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng tanpa menggunakan model Problem Based Learning; (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng dengan menggunakan model Prolem Based Learning; (3) Membuktikan keefektifan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng. Penelitian iniadalahjenispenelitianeksperimen yang dirancang secara kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng yang berjumlah 360 orang. Adapun sampel penelitianberjumlah 40 siswa dari 2 kelas XAkuntansi 1 dan X Akuntansi 2. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampelacak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tekniktes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakanStatistikDeskriptifdan StatistikInferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara keefektifan menulis teks eksposisikelas kontroltanpa menggunakan modelProblem Based Learningdan kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning. Kelas kontrol hanya 2 orang siswa(10%) yang mencapai nilai rata-rata 66 yang dikategorikan tidak efektifsedangkankelas eksperimen sebanyak15 orang (75%) dengannilai rata-rata 77 yang dikategorikan efektif menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng.Berdasarkanujihipotesisdiperolehthitung = 7,121>ttabel = 2,429, sehinggahipotesisalternatif (H1) diterimadanhipotesisnol (H0) ditolak. Kata Kunci : model pembelajaran, problem based learning, menulis teks eksposisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:38
Last Modified: 22 Mar 2018 04:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5945

Actions (login required)

View Item View Item