Keefektifan Penggunaan Media Visual dalam Menemukan Pesan Moral Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool Universitas Negeri Makassar Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

AWAL, NURUL QALBY (2018) Keefektifan Penggunaan Media Visual dalam Menemukan Pesan Moral Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool Universitas Negeri Makassar Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. S1 thesis, FBS.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media visual dalam menemukan pesan moral teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool Universitas Negeri Makassar Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan semester genap tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 45 siswa. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes, yang terdiri dari pretest dan postes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil tes menemukan pesan moral teks cerita fabel dengan menggunakan media visual pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari kategori kurang efektif ke kategori efektif; (2); tes menemukan pesan moral teks cerita fabel tanpa menggunakan media visual pada kelas kontroltidak mengalami peningkatan; (3) berdasarkan hasil analisis inferensial, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menemukan pesan moral teks cerita fabel dengan menggunakan media visual dan tanpa menggunakan media visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2018 06:58
Last Modified: 24 Oct 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item