PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM MENULIS TEKS DEKSRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Crisnayanti, Crisnayanti (2019) PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM MENULIS TEKS DEKSRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan mendeskripsiskan (1) ciri kalimat efektif, (2) bentuk kesalahan kalimat dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah wujud kalimat efektif, dan bentuk kesalahan kalimat yang diperoleh dari teks deskripsi yang ditulis siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja menulis teks deskripsi dengan teknik analisis data kualitatif deskriptif interpretatif. Pada penelitianini, ditemukan (1) wujud ciri kalimat efektif, dan (2) bentuk kesalahan kalimat, pada teks deskripsi yang di tulis siswa kelas SMP Negeri 35 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud ciri kalimat efektif yang ditemukan pada teks deskripsi siswa berupa (1) kesejajaran, (2) penekanan dalam kalimat, (3) kehematan dalam mempergunakan kata, dan (4) kevariasian dalam struktur kalimat. Bentuk kesalahan kalimat yang ditemukan pada teks deskripsi siswa yaitu: Bentuk kesalahan kalimat yang ditemukan pada teks deskripsi siswa, yaitu berupa: (1) kesalahan kesepadanan dan kesatuan, yang meliputi: (a) kesalahan penggunaan kata penghubung menyatakan walaupun, meskipun, dan dan; (2) kesalahan kesejajaran (paralelisme), (3) kesalahan penekanan dalam kalimat, yang meliputi: (a) kesalahan pengulangan kata; (4) kesalahan kehematan dalam mempergunakan kata, yang meliputi: (a) kesalahan pengulangan subjek kalimat, serta (5) kesalahan kevariasian struktur kalimat, yang meliputi: (5.1) kesalahan cara memulai kalimat, berupa: (a) kesalahan subjek pada awal kalimat. Kata kunci: kalimat efektif, teks deskripsi,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:49
Last Modified: 28 Aug 2019 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item