FENOMENA KERUSAKAN ALAM DALAM NOVEL LUKA PEREMPUAN ASAP KARYA NAFI’AH AL MA’RAB BERDASARKAN PENDEKATAN EKOKRITIK GREG GARRARD

Risnawati, Risnawati (2019) FENOMENA KERUSAKAN ALAM DALAM NOVEL LUKA PEREMPUAN ASAP KARYA NAFI’AH AL MA’RAB BERDASARKAN PENDEKATAN EKOKRITIK GREG GARRARD. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL RISNAWATI.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK , 2019. Fenomemena Kerusakan Alam Novel Luka Perempuan Asap Nafi’ah Al Ma’rab: Berdasarkan Pendekatan Ekokritik Greg Garrard.Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Dr.Juanda,M.Hum. Pembimbing II Suarni Syam Saguni, S.S., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian fenomena kerusakan alam dalam novel Luka Perempuan Asap karya Nafi’ah Al Ma’rab menggunakan pendekatan ekokritik Greg Garrard. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Luka Perempuan Asap karya Nafi’ah Al Ma’rab yang diterbitkan oleh Tinta Medina,di Solo pada tahun 2017 (Cetakan pertama) tebal 264 halaman. Data dalam penelitian ini adalah teks yang berupa kata atau kalimat yang Fenomena Kerusakan alam dalam novel Luka Perempun Asap karya Nafi’ah Al Ma’rab.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yait u teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian sebagai berikut.(a)bentuk kerusakan alam dalam novel Luka Perempuan Asap terdapat kerusakan alam dengan adanya perkebunan sawit, dan rusaknya tanah karena gambut sawit serta bencana kekeringan yang akan terjadi. Selain itu juga,ada pembukaan lahan besarbesaran,seperti pembakaran hutan,kabut asa.(b)penyebab kerusakan alam akibat ulah manusia yang membakar lahan untuk perkebunan sawit. Mereka melakukan pembakaran untuk kepentingan pribadi semata. Seperti halnya yang dilakukan oleh sekolompok orang-orang yang rela di bayar untuk melakukan pembakaran hutan demi untuk mendapatkan upah yang besar dari juragan sawit. Oleh karena itu, penelitian ini di harapkan sebagai pengingat bahwa menjaga lingkungan adalah wajib. Sarannya penelitian ekokritik dalam novel Luka Perempuan Asap karya Nafi’ah Al Ma’rab dapat dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu sastra, khususnya mengenai fenomena kerusakan alam dalam karya sastra dengan perspektif ekokritik. Kata Kunci: Kerusakan Alam, Ekokritik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:04
Last Modified: 05 Aug 2019 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item