PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Nugrawati, Kholifah Fajar (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. Diploma thesis, FBS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hasil belajar menulis teks prosedur sebelum pembelajaran menggunakan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang, (2) hasil belajar menulis teks prosedur sesudah pembelajaran menggunakan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang, dan (3) pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Populasi untuk penelitian ini adalah kelas seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang yang berjumlah 226 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 3 dan Kelas VII 4 yang berjumlah 64 siswa. Data pada proses pembelajaran ini berupa data proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yang dilakukan pada pertemuan pertama dan pertemuan ketiga. Data hasil proses pembelajaran dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan menggunakan perhitungan statistik yang dibantu dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis teks prosedur sebelum pembelajaran menggunakan media gambar (prates) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang dikategorikan rendah dengan melihat rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 58. (2) hasil belajar menulis teks prosedur sesudah menggunakan media gambar (pascates) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang dikategorikan tinggi dengan melihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 82. (3) media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang dengan hasil analisis data diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:44
Last Modified: 25 Oct 2018 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11243

Actions (login required)

View Item View Item