Kemampuan Mengapresiasi Rupama Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa

Wahyuni, Ian (2016) Kemampuan Mengapresiasi Rupama Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bab I-V.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ian Wahyuni, 2016. “Kemampuan Mengapresiasi Rupama Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Mahmudah dan Usman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi rupama siswa kelas VIII SMPN 1 Pallangga kabupaten Gowa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 823 siswa terbagi dalam 18 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 46 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes perbuatan yang terdiri dari tiga aspek penilaian, yakni aspek kognitif, emotif dan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengapresiasi Rupama pada aspek kognitif, emotif dan evaluatif belum memadai dikarenakan jumlah siswa yang memproleh nilai 75 ke atas masih rendah; aspek kognitif sebanyak 14 siswa (31,11%); aspek emotif sebanyak 4 siswa (8,89%) dan aspek evaluatif sebanyak 6 siswa (13,33%). Secara keseluruhan kemampuan mengapresiasi rupama berdasarkan hasil tes kemampuan siswa pada tiga aspek apresiasi rupama, sebanyak 8 orang siswa (17,78%) memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan sebanyak 37 siswa (82,22%) memperoleh nilai 75 ke bawah. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengapresiasi rupama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa belum memadai karena tidak mencapai kriteria pencapaian maksimal yang ditetapkan, yaitu 85 %. Kata kunci : kemampuan, mengapresiasi rupama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:44
Last Modified: 02 Apr 2019 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12817

Actions (login required)

View Item View Item