KEEFEKTIFAN MEDIA PUZZLE GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

ARYANI, ISMA (2018) KEEFEKTIFAN MEDIA PUZZLE GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel-1.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

“Keefektifan Media Puzzle Gambar dan Media Poster dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Sulastriningsih Djumingin, M.Hum. dan Dr. Nensilianti, S.Pd., M.Hum. Menulis teks deskripsi dikategorikan oleh siswa sebagai pembelajaran yang sulit dan membosankan. Proses pembelajaran menulis teks deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran membuat hasil belajar siswa menjadi belum maksimal. Oleh karena itu, digunakan media puzzle gambar dan media poster sebagai media pembelajaran untuk membuat sebuah inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks deskripsi menggunakan media puzzle gambar; (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks deskripsi menggunakan media poster; (3) membuktikan keefektifan penggunaan media puzzle gambar dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa yang terbagi atas kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks deskripsi siswa kelas eksperimen menggunakan media puzzle gambar berada pada rata-rata 85,25 dengan hasil belajar yang berada pada kategori efektif; (2) hasil belajar menulis teks deskripsi siswa kelas kontrol menggunakan media poster berada pada nilai rata-rata 78,15 dengan hasil belajar yang berada pada kategori cukup efektif; (3) berdasarkan uji-t, sig.(2-tailed) lebih kecil dari taraf nyata yaitu sebesar 0,003. Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif diterima dan hipotesis teori ditolak dan menyatakan bahwa media puzzle gambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Benteng. Kesimpulan penelitian ini adalah media puzzle gambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Kata kunci: keefektifan, media puzzle gambar, media poster, menulis teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Sep 2018 05:11
Last Modified: 04 Sep 2018 05:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item