IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 SIDRAP

Permatasari, Indah and Ramly, Ramly and Azis, Azis (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 SIDRAP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
PDF ARTIKEL INDAH PERMATASARI (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI~1.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 6 Sidrap.” Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 6 Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskrptif dengan data berupa tahapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dua guru bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis dokumen, observasi, dokumentasi (gambar dan video), wawancara, dan teknik rekam. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kisi-kisi pedoman observasi, analisis dokumen silabus dan RPP, wawancara, dan dokomentasi (gambar dan video). Keseluruhan data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahap (1) reduksi data, (2) display data, (3) verifikasi data. Hasil pembahasan menunjukkan 1) perencanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap yang terdapat pada silabus dan RPP telah di implementasikan berdasarkan apa yang telah direncanakan oleh kedua guru bahasa Indonesia dan ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam silabus dan RPP pada saat merencanakan pembelajaran. Nilai-nilai karakter tersebut ialah: relegius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) pelaksanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia telah di implementasikan berdasarkan kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung dan ditemukan nilai-nilai karakter yaitu: kegiatan pendahuluan (nilai relegius, disiplin, toleransi, rasa ingin, tahu, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai). Kegiatan inti: (gemar membaca, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, mandiri, kerja keras, kreatif, jujur, toleransi, disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai. Kegiatan penutup: )relegius, mandiri, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu); 3) Penilaian implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap bahwasanya guru telah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan cara melakukan penilaian observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Guru mengobservasi siswa dengan melihat karakter-karakter yang dimiliki oleh siswa seperti disiplin, kerja sama, tanggung jawab, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, kreatif, dan kerja keras dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran berlangsung untuk melakukan penilaian dan di akumulasikan di akhir semester. Kata kunci: implementasi,nilai-nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:00
Last Modified: 15 Nov 2019 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item