DOMINASI PENJAJAH TERHADAP SUBALTERN DALAM NOVEL SANG MAHARANI KARYA AGNES JESSICA: SUATU TINJAUAN POSKOLONIAL GAYATRI C. SPIVAK

Nurfadilah, Nurfadilah (2019) DOMINASI PENJAJAH TERHADAP SUBALTERN DALAM NOVEL SANG MAHARANI KARYA AGNES JESSICA: SUATU TINJAUAN POSKOLONIAL GAYATRI C. SPIVAK. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL. Nurfadilah. 1551140015.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Abstrak Dominasi Penjajah Terhadap Subaltern dalam Novel Sang Maharani Karya Agnes Jessica: Suatu Tinjauan Poskolonial Gayatri C. Spivak. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Mahmudah dan Faisal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dominasi penjajah dalam novel Sang Maharani karya Agnes Jessica menggunakan Kajian Poskolonial Gayatri C. Spivak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah novel Sang Maharani karya Agnes Jessica yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2017 dengan tebal 320 halaman. Data dalam penelitian ini adalah teks yang berupa kata atau kalimat yang menunjukkan bentuk klasifikasi emosi tokoh dalam novel Sang Maharani karya Agnes Jessica berdasarkan teori poskolonial Gayatri C. Spivak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca dan teknik catat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, menguraikan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dominasi penjajah menurut Gayatri C. Spivak terdapat dalam novel Sang Maharani karya Agnes Jessica. Dominasi penjajah terhadap subaltern, pengaruh dominasi penjajah terhadap subaltern dan perlawanan subaltern terhadap penjajah digambarkan oleh tokoh Maharani, Moetiara, Gadis di rumah pelacuran. Dominasi tersebut yaitu 24 dominasi penjajah, 24 pengaruh dominasi penjajah dan 25 perlawanan subaltern terhadap penjajah. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dalam meneliti dan mengembangkan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan teori Poskolonial menurut Gayatri C. Spivak dalam karya ilmiah. Kata kunci: Dominasi penjajah terhadap subaltern, pengaruh dominasi penjajah terhadap subaltern, perlawanan subaltern terhadap penjajah dan Novel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:06
Last Modified: 08 Apr 2019 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item