Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep

Syamsidar, Syamsidar (2017) Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
BAB I - 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf narasi sebelum menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf narasi sesudah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep, (3) membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) terhadap keterampilan menulis paragraf narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksprimental. Desan penelitian ini adalah one group pretest-postest desing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 114 siswa. Adapun sampel penelitian yaitu Kelas VII 1 SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 22 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik pemberian tugas. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan menulis paragraf narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep sebelum menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) memperoleh nilai rata-rata 67,27 yang dikategorikan cukup mampu. (2) keterampilan menulis paragraf narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep sesudah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) memperoleh nilai rata-rata 75,63 yang dikategorikan mampu. (3) Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) dinyatakan berpengaruh terhadap keterampilan menulis paragraf narasi pada siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep dilihat dari hasil analisis data pretest dan postest yaitu 4,367 dari output terlihat bahwa nilai tersebut signifikan sebasar 0,000. Signifikansi 0,000 lebih kecil dari α= 0,05 maka HI diterima. Kata Kunci : model pembelajaran, STAD (Student Teams Achievement Devision), menulis paragraf narasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:17
Last Modified: 18 Dec 2017 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

View Item View Item