BENTUK PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALOPO

Putri S, Dian Donna (2019) BENTUK PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DIAN DONNA PUTRI S..pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dian Donna Putri S. 2019. Bentuk Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 9 Palopo. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Salam dan Mayong). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang pada akhirnya akan menyajikan sebuah laporan dari hasil analisis. Penelitian ini fokus terhadap pertanyaan guru dan siswa berdasarkan Taksonomi Bloom edisi Revisi ranah kognitif yaitu, proses kognitif dan jenis pengetahuan. Data pada penelitian ini adalah data lisan berupa kalimat yang menunjukkan wujud pertanyaan guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Palopo dan sumber data dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Palopo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, menganalisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis berdasarkan Taksonomi Bloom edisi Revisi ranah kognitif wujud pertanyaan guru yang ditemukan sebanyak 98 pertanyaan dan wujud pertanyaan siswa yang ditemukan sebanyak 20 pertanyaan. Guru lebih cenderung memberikan pertanyaan dasar, yaitu pertanyaan proses kognitif mengingat dan pertanyaan memahami dan siswa cenderung memberikan pertanyaan proses kognitif mengaplikasi. Berdasarkan jenis pengetahuan guru cenderung memberikan pertanyaan pengetahuan konseptual, sedangkan siswa pertanyaan pengetahuan konseptual dan prosedural. Kata kunci: Pertanyaan, proses kognitif, jenis pengetahuan, Taksonomi Bloom edisi Revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:54
Last Modified: 06 Dec 2019 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item View Item