Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang

Hariati, Hariati (2017) Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
13. SKRIPSI.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi setelah menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla, (3) membuktikan adanya pengaruh model TTW (Think Talk Write) terhadap menulis teks eksplanasi siswa Kelas VII SMP. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental. Desain penelitian ini adalah one group pretest-postest design. Sampel penelitian yaitu Kelas VII B. Intrumen yang digunakan yaitu bentuk tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla sebelum menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) memperoleh nilai rata-rata 2.48 dengan kategori cukup terampil. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla setelah menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dinyatakan bahwa nilai rata-rata siswa 3.24 dengan kategori terampil. Ketiga, Model pembelajran TTW (Think Talk Write) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Alla. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 20.0 yaitu koefisien korelasi antara pre-test dan post-test adalah 0,729 dari output terlihat bahwa nilai tersebut signifikan sebesar 0,000. Untuk menguji signifikansi koefisien korelasi adalah membandingkan nilai signifikansi yang diperoleh dengan α=0,05. Karena signifikansi 0,000 lebih kecil dari α=0,05 maka HI diterima. Kesimpulan yang diperoleh adalah koefisien korelasi antara menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dan menulis teks eksplanasi setelah menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) signifikan secara statistik. Kata Kunci: Pengaruh, Keterampiln Menulis, TTW (Think Talk Write), Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:04
Last Modified: 18 Dec 2017 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item View Item