KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

DIKMALIYANI SUL, A. TENRI (2018) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TENRY.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan model picture and picture terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. (2) Untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model Jigsaw terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. (3) Untuk membuktikan keefektifan penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik unjuk kerja . Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakniAnalisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI AP1 SMK Negeri 4 Makassar dengan menggunakan model jigsaw pada kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 66,6. (2) Keefektifan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI AP4 SMK Negeri 4 Makassar Makassar dengan menggunakan model picture and picture pada kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 82. (3) Model picture and picture efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Makassar Makassar. Melalui rumus uji t, diperoleh thitung> ttabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung= 9.220( ) dan ttabel ( 1,66) . Oleh karena itu nilai thitung> ttabel, maka hipotesis penelitian (H1) diterima. Sedangkan berdasarkan hasil analisis SPSS nilai P= (0,243). Oleh kerena itu nilai P>ɑ, maka hipotesis penelitian (H1) diterima dan ( H0) ditolak. Jadi, ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model picture and picturedengan kelas yang menggunakan modeljigsaw. Kata Kunci: Eksperimen, Kontrol, Keefektifan, Model Picture and Picture, Menulis, Teks CeritaPendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11954

Actions (login required)

View Item View Item