GAYA BAHASA DALAM MENULIS KARANGAN CERPEN SISWA KELAS IX SMP 4 PUJANANTING

Sumardi, Narni (2019) GAYA BAHASA DALAM MENULIS KARANGAN CERPEN SISWA KELAS IX SMP 4 PUJANANTING. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Narni Sumardi_1551041032.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam karangan cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Pujananting. Data dalam penelitian ini adalah kutipan kata, frasa, kalimat atau paragraf yang teridentifikasi menggunakan gaya bahasa yang terdapat dalam karangan cerpen siswa kelas IX yang berjumlah 36. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi karangan yang diperoleh dari siswa setelah melaksanakan pembelajaran cerpen. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 cerpen yang terkumpul terdapat 22 cerpen yang mengandung gaya bahasa dengan total 25 kali penggunaan yang terdapat dalam karangan siswa. Gaya bahasa yang ditemukan dalam karangan cerpen siswa berupa (1) gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa metafora, hiperbola, personifikasi, asosiasi, dan sinekdoke (pas prototo), (2) gaya bahasa sindiran meliputi gaya bahasa ironi dan sarkasme, (3) gaya bahasa penegas meliputi gaya bahasa asindeton, repetisi, klimaks, retoris, dan paralelisme dan (4) gaya bahasa pertentangan meliputi gaya bahasa kontradiksio in terminis. Gaya bahasa hiperbola paling banyak digunakan dalam karangan cerpen siswa dengan menggunakan pernyataan yang berlebihan dan banyak digunakan untuk mengungkapkan perasaan, sifat dan kemampuan tokoh yang diceritakan dalam cerpen. Kata kunci: Gaya bahasa, Karangan, Teks Cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 May 2019 05:24
Last Modified: 13 May 2019 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item