“Peningkatan Keterampilan Membaca Cerita Anak melalui Model Two Stay Two Stray (TS-TS) Siswa Kelas VIIa SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang”

Natsir, Sulfitriani (2013) “Peningkatan Keterampilan Membaca Cerita Anak melalui Model Two Stay Two Stray (TS-TS) Siswa Kelas VIIa SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I-III.docx

Download (77kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran dan peningkatan hasil keterampilan membaca cerita anak melalui model Two Stay Two Stray (TS-TS) siswa kelas VIIa SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data penelitian ini berupa data proses pembelajaran yang diperoleh melalui observasi dan data hasil yang meliputi data proses berupa nontes (observasi dan wawancara) dan data hasil berupa tes (soal-soal). Sumber data pada penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan siswa kelas VIIa SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang dengan jumlah 24 orang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Data proses penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Setiap siklus berlangsung tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca cerita anak pada tahap proses dan hasil pembelajaran. Proses pembelajaran keterampilan membaca cerita anak melalui model Two Stay Two Stray (TS-TS) telah mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II. Kekurangan yang terdapat pada siklus I yaitu guru belum memaparkan secara jelas langkah-langkah pembelajaran dan indikator penilaian hal tersebut memengaruhi proses dan hasil pembelajaran siswa. Kekurangan-kekurangan tersebut telah diperbaiki pada siklus II. Hasil pembelajaran keterampilan membaca cerita anak melalui model Two Stay Two Stray (TS-TS) pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I dengan hasil tes pada siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan rata-rata siswa hanya mencapai kategori cukup. Namun, pada siklus II, hasil tes siswa sudah mencapai kategori sangat baik dan kategori baik. Peningkatan siklus II dari siklus I sebesar 15,39atau 26,76%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 66,72 sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 81, 63. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas VIIa SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang dapat mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam membaca cerita anak dengan menerapkan model Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menumbuhkan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:33
Last Modified: 27 Feb 2018 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item