CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KRITIK SASTRA FEMINISME MARY WOLLTONECRAFT

Dwitari R, Rati (2019) CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KRITIK SASTRA FEMINISME MARY WOLLTONECRAFT. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RATI SS.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : bagaimana Citra Perempuan pada novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy? Bagaimana Citra Masyarakat tokoh utama pada novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah citra perempuan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data yang dipakai sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan menggunakan teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pembacaan heuristik dan hermencutik. Berdasarkan hasil penelitian, unsur intrinsic difokuskan pada tema, alur, penokohann, dan latar. Tema dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy adalah : Kisah perjuangan seorang wanita dewasa yang bernama Zahrana dalam meraih prestasi, sehingga sedikit melupakan untuk segera menikah.” Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy Menggunakan alur campuran. Penokohan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy terdiri dari Zahrana, Pak Sukarman, Lina, Bu Nuriyah, Pak Munajat, Bu merlin, dan Hasan. Sifat karakteristik masingmasing tokoh berdasarkan tiga dimensi, yaitu fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Latar dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy adalah di daerah solo, semarang,Yogyakarta, bandung, singapura, Beijing, Surabaya, klaten, dan demak. Latar waktu terjadi setelah tahun 1990. Berdasarkan tinjauan kritik sastra feminis, wujud citra perempuan dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah (1) perempuan yang ulet, (2) perempuan berpendidikan tinggi, (3) perempuan yang terlalu memilih jodoh, (4) perempuan sebagai istri yang solehah. Kata Kunci : Citra perempuan, novel Cinta Suci Zahrana, kritik sastra feminis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:20
Last Modified: 27 Aug 2019 04:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item View Item