EFEKTIVITAS METODE MIMICRY-MEMORIZATION (MIM-MEM) DALAM PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRADAT

Sari, Rizka Wulan (2020) EFEKTIVITAS METODE MIMICRY-MEMORIZATION (MIM-MEM) DALAM PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRADAT. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Rizka Wulan Sari - 1656041001-4.doc

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode mimicry-memorization (mim-mem) dalam penguasaan kosakata (mufradat) siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode mimicry-memorization (mim-mem), sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata (mufaradat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar, berjumlah 40 orang siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar sebanyak 40 siswa yang terdiri dari kelas X.B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas X.A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa yang dipilih dengan teknik sampel total (total sampling). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Sekolah Secara Umum”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 3,148 ˃ ttabel 2,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mimicry-memorization (mim-mem) efektif dalam penguasaan mufradat (kosakata) siswa kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar. Kata Kunci: Efektivitas, Mimicry-Memorization (Mim-Mem), Penguasaan Kosakata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:31
Last Modified: 17 Nov 2020 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item