“Kemampuan Mengidentifikasi Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar”

AWAR, NURFAIDAH (2016) “Kemampuan Mengidentifikasi Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I REVISI III COVER.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, 1) Kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar 2) Kemampuan mengidentifikasi struktur isi teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar 3) Kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar yang terbagi dalam dua belas kelas berjumlah 374 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 21 Makassar yang berjumlah 26 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster sampling (sampel kelompok). Adapun data dalam penelitian ini adalah berupa hasil tes kemampuan siswa mengidentifikasi teks eksplanasi berdasarkan struktur isi dan ciri bahasa yang terdiri atas 25 soal pilihan ganda (tes objektif) dan 5 soal esai. Dalam penelitian ini, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dengan langkah, 1) Membuat daftar skor mentah; 2) Membuat distribusi frekuensi dan persentase dari skor mentah; 3) Mengonversi skor menjadi nilai berskala 1-4; 4) Mencari presentase kemampuan rata-rata siswa; 5) Membuat tabel klasifikasi kemampuan siswa; dan 6) Membuat kriteria penilaian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, Siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar belum mampu mengidentifikasi teks eksplanasi pada aspek struktur isi dengan nilai rata-rata yang diperoleh 3.06, kategori baik predikat B+ dan pada aspek ciri bahasa, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 2.00, kategori cukup predikat C karena jumlah siswa yang memperoleh nilai 2.66 ke atas tidak mencapai 85%. Bedasarkan hasil penelitian ini, diajukan saran, 1) Hendaknya guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negeri 21 Makassar selalu memberikan pelatihan dan tugas kepada siswa menentukan struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi, kemudian memberitahukan letak kesalahan yang telah dibuat; 2) Guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negeri 21 Makassar hendaknya membekali siswa tentang materi struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi, sehingga mampu menggunakan dan membedakan dengan baik; 3) Perpustakaan SMP Negeri 21 Makassar hendaknya menampung banyak buku, terutama buku-buku kebahasaan. Diasumsikan bahwa buku yang tersedia di perpustakaan dapat menunjang prestasi belajar siswa SMP Negeri 21 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:05
Last Modified: 26 Feb 2018 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item