“Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa”

Majid, Dewi Nurrahmi (2016) “Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
3. Bab 123 Dewi.docx

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa untuk menulis teks biografi, sedangkan secara khusus diuraikan sebagai berikut: 1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi pada aspek isi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa; 2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi pada aspek struktur siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa; 3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi pada aspek kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa; 4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi pada aspek penggunaan bahasa siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa; dan 5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi pada aspek mekanik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa yang berjumlah 362 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 32 siswa SMP Negeri 3 Sungguminasa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak (random sampling) dengan pertimbangan peneliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa dikategorikan mampu dengan nilai rata-rata 2,88. Kemampuan menulis teks biografi pada aspek isi dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 3,40. Secara umum siswa sudah menguasai topik tulisan dan pendeskripsian tentang tokoh juga lengkap. Kemampuan siswa menulis teks biografi pada aspek struktur dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,12. Secara umum siswa sudah mengungkapkan gagasan dengan jelas dan padat serta tertata dengan baik. Kemampuan siswa menulis teks biografi pada aspek penggunaan bahasa dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,71. Pada hasil kerja siswa terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), namun makna cukup jelas. Kemampuan siswa menulis teks biografi pada aspek mekanik dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,46. Pada hasil kerja siswa kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan; tanda baca; penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf namun tidak mengaburkan makna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:00
Last Modified: 26 Feb 2018 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item